Wali Kota Semarang Peduli Sektor Maritim, Ini Sepak Terjangnya

Minggu, 30 September 2018 : 21.25
Wali Kota semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan dari Politeknik Maritim Negeri Indonesia.
SEMARANG (inisemarang.com)--Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapat penghargaan dari Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) karena upayanya membangun sektor maritim di kota ini di antaaranya mendukung penataan pesisir seperti Tol Laut, Kampung Bahari Tambak Lorok, hingga penanganan rob dan banjir.

Penghargaan yang diserahkan pada kegiatan Dies Natalis Polimarin ke-6 di Hotel Patra Semarang, Kamis (27/9/2018) lalu juga diberikan kepada 6 tokoh nasional.

Mereka adalah Kapten Kartini (nahkoda wanita pertama di Indonesia), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (Kepala Staff Angkatan Laut ke-26), Mohammad Nuh ( Menteri Pendidikan 2009-2014), Joko Santosa (Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2010-2014), Insan Purwarisya L. Tobing (Direktur Utama PT Pelni), dan Cun Ming (pelestari ikan hiu di Karimunjawa).

Pada kesempatan itu Hendi --sapaan akrab Hendrar-- diminta berbicara terkait kesiapan pemkot menghadapi revolusi industri 4.0. Kata dia revolusi industri 4.0 dapat mendorong efektifitas dan efisiensi proses pola kerja dalam sebuah institusi untuk menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Dirinya mencontohkan bagaimana Pemkot Kota Semarang menerapkan konsep smart city dalam penananganan banjir dan rob di anraranya menghubungkan manajerial 4 sistem drainase yang ada dengan situation room.

"Hari ini kami dapat memantau kondisi rumah pompa secara realtime, dan ketika ada peningkatan debit air atau penimbunan sampah di drainase, secara otomatis ada sebuah pesan yang masuk ke dalam sistem peringatan," ujarnya..

Selain itu juga dirinya mengungkapkan jika Pemkot Semarang saat ini sedang mengembangkan sebuah sistem untuk dapat menyalakan dari jara jauh mesin-mesin penyedot air pada 40 rumah pompa yang ada di Kota Semarang.

"Konsepnya adalah Internet of Things, pompa akan terhubung dengan sistem pengontrol dari sebuah ponsel pintar atau sistem yang ada di situation room. Untuk pertama kami akan coba uji pada rumah pompa Kali Semarang,", katanya.

Direktur Polimarin Sri Tutie Rahayu mengatakan Hendi telah banyak membantu pengembangan Politeknik Maritim Negeri Indonesia dan pengembangan sektor maritim pada umumnya.

"Terima kasih atas dukungan dan komitmen yang diberikan," ujar Tutie. (nto/semarangkota.go.id) 

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Utama

Copyright © 2018 inisemarang.com - All Rights Reserved